Cara Pengolahan Data DTM Menggunakan Global Mapper

Advertise
Apakah Global Mapper itu?
Global Mapper adalah sistem informasi geografis ( GIS ) paket perangkat lunak yang saat ini dikembangkan oleh Blue Marble Geographics yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows. Perangkat lunak GIS ini bersaing dengan ESRI , GeoMedia , Sistem Manifold , dan produk GIS MapInfo. Global Mapper menangani untuk pengolahan data vektor , raster , dan elevasi , dan memberikan tampilan , konversi , dan fitur GIS umum lainnya . Global Mapper memiliki komunitas pengguna aktif dengan milis dan forum online (wikipedia)

Apakah DEM/DTM itu?
Model Permukaan Digital (DTM) adalah sekumpulan koordinat titik 3D yang mewakili suatu permukaan fisik. Wujud koordinat ini berupa titik dengan lokasi acak semata atau yang dapat dibentuk segitiga-segitiga, (raster) grid, atau terbentuk pola gariskontur, (Prahasta 2004)
Baiklah langsung saja mungkin anda semua sedah mengetahui tentang software yang satu ini, namun bagi yang belum tahu dan ingin belajar tentang cara mengolah data pada software global mapper ini. maka silahkan baca tutorial cara pengolahan menggunakan software global mapper berikut ini.
1. Membuka software Global Mapper

2. Cara Mendownload data SRTM Pada Global Mapper
- Pilih Find Data Online pada tampilan awal Global Mapper Pada tampilan awal browser (globalmapper dot com) pilih find data online | free sample data
-Pilih SRTM (Shuttle Radar Topography Mission). dan kemudian pilih salah satu dari data tersebut untuk di-download

A. Cara Menampilkan File Data DEM Pada Global mapper
Untuk membuka file DTM/ DEM, pengguna dapat menggunakan menu File kemudian Open data Files. Pada combo box open, temukan format data yang akan dibuka oleh Global Mapper kemudian pilih nama file yang akan ditampilkan. Pilih gambar kemudian klik kanan pada mouse pilih properties untuk mengatur warna, skala, background dan lain-lain.

B.Cara Melihat Koordinat Horizontal dan Ketinggian
Setelah file Dem ditampilkan di windows kerja, maka pengguna dapat melihat koordinat beserta dengan nilai ketinggiannya

C. Cara Membuat Kontur Di Global Mapper
1.Tampilkan layer DEM yang akan dibuat konturnya.
2.Pilih File kemudian pilih Generate Contours hingga muncul kotak dialog Generation Options 3.Pada kotak dialog yang baru muncul pengaturannya:
-Ketikkan deskripsinya di dalam text box Description, contoh garis kontur.
-Masukkan nilai interval kontur dan satuannya. Contoh 50 Meter.
-Aktifkan Checkbox Interpolate to fill small gaps in data. Aktifkan Checkbox Smooth contours lines/area to improve appearance.

Untuk langkah selanjutnya Silahkan download gratis tutorial lengkapnya cara pengolahan yang berisi langkah kerjanya seperti berikut:

D. Cara membuat Profil/ Line of Sight di global mapper
E. Cara menghitung Cut dan Fill di global mapper
F. Cara menghitung Jarak di global mapper
G. Cara mengekspor Data ke Cad dan Menampilkan di CAD di global mapper
H. Cara menampilkan Permukaan 3D di global mapper
I. Cara membuat Video di global mapper
J. Cara mendownload Map From Online Sources di global mapper

Sebelumnya saya mohon maaf kepada sobat koordinat semua, dikarenakan panjangnya langkah dalam tutorial ini, dan keterbatasan waktu dalam memposting semuanya, maka saya persilahkan kepada sobat dan anda semua yang berminat ingin mendownload secara gratis tutorial lengkapnya bisa langsung download Tutorial Global Mapper.  
Advertise

Read Also:

Disqus Comments