Cara Mencari lokasi Cell Id dengan MCC, MNC, LAC dan Cell ID (CID)

Cellidfinder adalah situs aplikasi sederhana dan mudah yang dapat digunakan untuk membantu anda menemukan lokasi no GSM dengan MCC, MNC, LAC, Cell Id (CID) dan dapat ditampilkan di Google map. Artikel dibawah ini memberikan mengulas secara terperinci bagaimana cara untuk mengetahui lokasi base station no GSM menggunakan layanan cellidfinder.

Data apa yang dibutuhkan untuk mencari koordinat GSM Base Station? 
Untuk mencari dan menampilkan lokasi base station (Cell Id) no hp, Anda perlu mengetahui 4 parameter berikut: 
1.MCC - Mobile Country Code. Kode ini mengidentifikasi suatu negara. Misalnya, China mempunyai kode MCC =  460, Amerika Serikat = 310, Hongaria = 216, Indonesia = 510
2.MNC - Mobile Network Code. Kode ini mengidentifikasi operator seluler no hp yang digunakan. 
3.LAC - Location Area Code. adalah nomor unik dari area lokasi saat ini. Area lokasi adalah seperangkat minimal 3 stasiun menara seluler yang dikelompokkan bersama untuk mengoptimalkan sinyal. 
4.Cell ID (CID) - adalah nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap menara Base transceiver station (BTS) atau sektor BTS dalam kode area lokasi.

Dari mana anda bisa mendapatkan data MCC, MNC, LAC, dan CID? 
Sebagai contoh data tersebut dapat diambil dari Netmonitor. Netmonitor adalah aplikasi khusus untuk ponsel atau perangkat lain yang memungkinkan anda bisa mendapatkan data parameter teknis jaringan mobile seluler/hanphone. Netmonitor dapat di dapatkan secara gratis untuk berbagai perangkat smartphone di Google Play dan App Store. Selain itu, ketika pelacak GPS modern memiliki sinyal penerimaan satelit yang buruk, aplikasi ini dapat mengirimkan data  bukan sebagai koordinat, namun melainkan data seluluer yang berisi parameter base station mobile: MCC, MNC, LAC, Cell Id. Dalam hal ini, Cellidfinder dapat membantu anda mengubah data parameter tersebut menjadi perkiraan koordinat yang selanjutnya ditampilkan  lokasi no seluler GSM di Google map. Cellidfinder mencari koordinat base station di database yang didapatkan dari Google dan Yandex. Perlu dicatat bahwa kita mendapatkan perkiraan lokasi koordinat Cell ID. Lokasi yang paling akurat ditentukan dengan menggunakan fungsi rata-rata, yang menghitung koordinat di semua sektor (Cell ID) dari satu base station dan kemudian menghitung nilai rata-rata koordinat tersebut untuk mendapatkan lokasi yang akurat.

Bagaimana cara menggunakan CellIDfinder? 
Agar bekerja dengan layanan ini, Anda perlu memasang Netmonitor di Smartphone yang akan di cari lokasinya. Jalankan aplikasi ini dan lihat parameter yang dibutuhkan.

Dalam screnshot tersebut kita bisa melihat: 
-MCC = 510 (Indonesia) 
-MNC = 10 (Telkomsel) 
-LAC = 4909 
-CID  = 57823
Selanjutnya masukan parameter ini di pada form pencarian di halaman utama cellidfinder. LAC dan CID dapat disajikan dalam bentuk desimal atau heksadesimal. Anda perlu memasukkan salah satu dari formulir ini dan lainnya akan terisi secara otomatis. Kemudian pilih "Google data", "data Yandex" dan jika Anda membutuhkan presisi tinggi centang juga  "Averaging". lalu Klik "Search CellId".

Alhasil kita baru saja mendapatkan lokasi koordinat Cell Id saat ini. Apalagi data Google dan data Yandex hampir identik sama dalam satu lokasi, sehingga lokasi Cell Id dapat ditampilkan cukup akurat pada Google map. sekedar informasi data LAC dan CID ini dapat berubah-rubah sesuai dari lokasi dimana posisi perangkat seluler tersebut berada. disinilah kita dapat menggunakan cara diatas apabila kita mengetahui data LAC dan CID yang akan kita lihat atau lacak lokasinya. (Baca juga: Mencari lokasi no GSM menggunakan GG Tracker & Cara melacak lokasi no hp menggunakan aplikasi LacakNet).
Source : CellIdFinder

Read Also:

Disqus Comments